Apa Itu Sablon Polyflex? Ini Kelebihan & Kekurangannya

Apa itu sablon polyflex? Pernah mendengarnya kan, ketahui tentang sablon polyflex bagaimana prosesnya dan kelebihan kekurangan menggunakan sablon polyflex.

Apa Itu Sablon Polyflex - Kelebihan Dan Kekurangannya

Apa Itu Sablon Polyflex?

Sablon polyflex adalah teknik sablon digital yang menggunakan bahan jenis stiker/vinyl, desainnya di cetak menggunakan mesin cutting stiker dan kemudian di press ke media yang akan di sablon.

Polyflex bersifat elastis, awet dan kuat menempel di media yang di sablon. Tapi ketahanan dan keawetan sablon polyflex ini tergantung bagaimana perawatannya, jika teknik perawatan benar sablon polyflex ini akan awet.

Teknik sablon polyflex ini cocok untuk melayani sablon satuan karena teknik sablon ini prosesnya relatif mudah dan cepat. Tidak seribet teknik sablon kaos manual yang prosesnya ada banyak step. Kalau proses sablon polyflex secara umum ada 4 step.

 

Berikut 4 Step Proses Sablon Polyflex

1. Buat Desain
Buat desain yang akan di sablon dengan menggunakan bantuan software coreldraw, photoshop dan lainnya. Desain dalam format vector atau bitmap dengan resolusi gambar tinggi.

2. Cetak Desain Dengan Mesin Cutting Stiker
Cetak desain yang sudah di siapkan tadi ke bahan polyfex menggunakan mesin cutting stiker. Jangan lupa desain yang akan di cetak sudah di mirror.

3. Mengelupas Hasil Cutting
Yang dimaksud mengelupas hasil cutting ini adalah proses membuang cuttingan polyflex yang tidak diperlukan sehingga nantinya tinggal menyisakan desain saja.

4. Menempelkan Ke Media
Setelah di kelupas, proses selanjutnya adalah menempelkan ke media yang akan disablon. Posisikan hasil cuttingan yang diinginkan, lalu press menggunakan mesin heat press. Press dengan suhu panas tertentu dengan waktu yang sudah diset sebelumnya.

Setelah selesai press, ditandai dengan berbunyinya indikator waktu pengepresan selesai. Lalu setelah dingin lapisan bening pada polyflex di barulah dikelupas. Kemudian press lagi dengan dilapisi dengan kertas teflon, selesai.

Proses sablon polyflex cukup mudah dan simple, oleh karena itu ini disarankan untuk melayani sablon satuan. Teknik sablon polyflex ini ada kelebihan dan kekurangannya. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan sablon menggunakan polyflex?

 

Kelebihan Dan Kekurangan Sablon Polyflex

1. Kelebihan
Berikut ini kelebihan sablon menggunakan teknik sablon polyflex:

  • Proses sablon mudah dan cepat
  • Hasil rapi dan presisi
  • Warna tidak pudar walau dicuci berkali kali
  • Awet dan tahan lama (jika perawatannya tepat)
  • Sablon tidak mudah lepas dan kikis (jika kualitas polyflexnya bagus)
  •  Memungkinkan bisa cetak sablon satuan

2. Kekurangan
Dibalik kemudahan dan kelebihan lain sablon polyflex juga ada keterbatasan, berikut kekurangan sablon dengan teknik sablon polyflex:

  • Warna terbatas
  • Membutuhkan bahan vinyl polyflex yang harganya tergolong mahal
  • Ukuran desain yang bisa dicetak terbatas
  • Mesin yang digunakan relatif mahal

Dengan adanya kelebihan dan kekurangan teknik sablon polyflex ini anda bisa menimbang penggunaan teknik sablon ini. Sesuaikan dengan kebutuhan usaha anda, bisa juga dengan mengkolaborasikan sablon teknik ini dengan sablon teknik manual. Jadi anda bisa melayani sablon satuan dan sablon dengan jumlah banyak. Jika ada customer yang mau sablon satuan anda melayani dengan teknik polyflex ini dan jika ada customer yang pesen banyak, menggunakan teknik sablon manual yang ongkos produksinya lebih murah.

Mungkin itu saja pembahasan tentang apa itu sablon polyflex, bagaimana prosesnya dan kelebihan kekurangan teknik sablon polyflex. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat.