Jenis Bahan Kaos Yang Perlu Anda Tahu

Jenis bahan kaos yang perlu anda ketahui sebelum membuat kaos ke konveksi. Sebenarnya jenis bahan kain yang digunakan untuk membuat kaos oblong atau t-shirt sangat beragam. Tapi kali ini yang di bahas adalah jenis bahan kaos yang paling banyak digunakan konveksi di indonesia.

Jenis Bahan Kaos - BrotherID Cloth

Berikut ini penjelasan singkat tentang jenis bahan untuk membuat kaos, mulai dari bahan dasar, karakteristik, serta bagus tidaknya bahan.

Jenis Jenis Bahan Kaos Yang Paling Sering Digunakan Di Indonesia

1. Hyget

Hyget adalah bahan kain yang terbuat dari kombinasi antara polyester dengan cotton. Karakter bahan kain hyget ini adalah permukaan kainya kilap dan panas karena daya resapnya yang kurang bagus. Kelebihanya adalah harganya yang ekonomis, paling murah dari bahan jenis lain. Biasanya digunakan untuk membuat kaos masal seperti kaos partai.

2. Polyester dan PE

Kain polyester terbuat dari bahan serat sintetis dari bahan ester yang merupakan hasil samping miyak bumi dibuat bahan serat fiberpoly. Sedangkan PE itu sendiri adalah kain yang menggunakan 100% bahan polyester. Karakter bahan jenis ini, tipis, permukaan kainya kasar dan juga penyerapan keringatnya kurang baik sehingga terasa panas jika dikenakan.

3. Viscose/Rayon

Kain viscose atau dikenal juga dengan sebutan kain rayon ini terbuat dari bahan serat sintesa celuosa organic. Tektur kainya mirip seperti kapas, tapi lebih lembut dari kapas. Harga kain jenis ini lumayan mahal karena bahan kainya terkesan mewah.

4. CVC Cotton Viscose

Kain CVC terbuat dari campuran dengan komposisi 45% serat viscose dan 55% cotton combed. Karakter kainya sangat nyaman karena kemampuannya menyerap keringat yang baik. Kelebihan bahan CVC adalah tingkat penyusutan polanya lebih kecil jika di bandingkan dengan bahan kain lain.

5. TC (Teteron Cotton)

Kain TC atau Teteron Cotton ini terbuat dari percampuran antara 65% polyester dan 35% cotton. Karakter kain TC ini buruk dalam penyerapan keringat sehingga kurang nyaman di pakai dan panas. Kelebihan kain ini tidak mudah kusut dan juga tidak mudah melar walau sudah di cuci berulang kali. Harga bahan kain TC lebih terjangkau, biasanya digunakan untuk membuat kaos olahraga dan kaos promosi dengan harga yang relatif murah.

6. Katun Cardet

Kain katun carded terbuat dari serat benang kapas dimana benang yang dihasilkan tidak sehalus combed karena sistem pemintalan benangnya dengan cara di garuk. Karakter jenis bahan carded ini kainnya tidak halus dan kurang rata. Memiliki daya serap keringat yang baik dan juga nyaman digunakan. Biasanya bahan jenis ini digunakan untuk membuat kaos sragam buruh, sragam pabrik, karena harganya relatif lebih murah dibandingkan cotton combed.

7. Katun Combed

Kain cotton combed/katun combed terbuat dari serat kapas murni. Sistem pemintalan benang melalui proses combed (disisir dengan mesin combing) hasil benangnya halus dan kuat. Karater bahan katun combed permukannya halus, nyaman dikenakan, dingin dan juga baik dalam menyerap keringat. Bisa dibilang paling cocok dipakai di wilayah yang beriklim tropis seprti di indonesia. Bahan kaos ini yang paling banyak di gunakan para pelaku usaha distro clothing.

Karakteristik bahan kain katun combed yang baik, menyebabkan kenapa kaos dari bahan combed menjadi paling favorit digunakan untuk kaos distro.

 

Semoga dengan artikel yang membahas jenis bahan kaos bisa menambah pengetahuan kamu sebelum memutuskan membuat kaos ke konveksi. Pastikan kamu tidak salah memilih bahan kain, sesuaikan dengan budget, taget market dan fungsi kaos itu sendiri.