Tips Dan Cara Merawat Kaos Sablon Rubber Agar Awet

Tips dan cara merawat kaos sablon rubber yang perlu kamu ketahui agar tetap awet. Sangat sayangkan jika kaos sablon yang masih baru beberapa hari tetapi sudah tidak layak di kenakan. Bukan karena bahan dan sablon yang kurang bagus tapi cara perawatannya yang kurang maksimal atau malah sembarangan.

Tips Dan Cara Merawat Kaos Sablon Rubber Agar Tetap Awet

Agar kaos sablon tidak cepat rusak dan tetap awet untuk tetap layak dikenakan hingga berbulan bulan bahkan tahun. Yang perlu di perhatikan adalah bagaimana cara mencucinya, cara menjemurnya dan cara lainnya harus tepat. Dengan perawatan kaos sablon dengan tinta rubber yang tepat, bisa membuat kaos kesayanganmu awet.

9 Tips dan Cara Merawat Kaos Sablon Yang Menggunakan Tinta Rubber

1. Jangan Rendam Kaos Sablon Terlalu Lama

Sebaiknya dalam melakukan perendaman tidak lebih dari 30 menit, cukup 15-30menit saja. Karena jika terlalu lama akan membuat warna kaos cepat pudar dan juga membuat sablon rubber cepat rusak dan mengelupas.

2. Gunakan Detergen Secukupnya

Jangan menggunakan detergen terlalu banyak karena penggunaan detergen yang berlebih membuat kaos yang disablon rubber rusak dan mengelupas. Gunakan secukupnya saja, sesuaikan tingkat kekotoran pakaian.

3. Jangan Menggunakan Sikat

Kebanyakan kaos sablon distro menggunakan bahan kain katun yang bertekstur lembut. Menyikat kaos pada saat mencuci malah merusak tektur kain. Cuci dengan mengucek secara perlahan sekiranya noda dan kotoran yang menempel hilang.

4. Hindari Penggunaan Pemutih Dan Detergen Berbahan Keras

Hindari penggunaan pemutih dan detergen yang mengandung terlalu banyak bahan kimia supaya sablon rubber pada kaos tidak mudah rusak dan tetap awet.

5. Hindari Menjemur Menggunakan Hanger

Menjemur menggunakan hanger membuat kerah leher cepat melar karena tertarik ke bawah akibat berat air yang membasahi kaos.

6. Hindari Terkena Matahari Langsung

Agar warna kaos tidak cepat pudar, sebaiknya menghindari terkena sinar matahari secara langsung.

7. Jangan Menyetrika Gambar Sablon Rubber Secara Langsung

Pada saat menyetrika kaos pastikan tidak menyetrika bagian sablon secara langsung. Lapisi bagian sablon dengan kain supaya sablon rubber tidak lengket. Atur juga setrika di posisi panas sedang, setelan khusus bahan katun.

8. Sebaiknya Menghindari Pencucian Dengan Mesin Cuci

Karena mencuci dengan mesin cuci mengakibatkan kaos menjadi cepat melar dan permukaan kain menjadi kasar.

9. Tambahan

Untuk pencucian pertama kali kaos sablon rubber perlu diperhatikan saat penjemuran, pastikan gambar sablon tidak menempel dengan bagian gambar sablon lain. Ini untuk menghindari lengketnya sablon, saat kering bagian yang menempel tidak bisa lepas dan jika dipaksa sablon akan rusak.

Semoga dengan adanya beberapa tips untuk merawat kaos sablon yang menggunakan tinta rubber ini bisa menambah wawasan anda. Sehingga anda tahu bagaimana perawatan kaos sablon yang benar.

Tingkat keawetan kaos sablon rubber itu tidah hanya berdasarkan bagus atau tidaknya bahan dan tinta yang dipakai. Tapi perawatan kaos juga berpengaruh, perhatikan cara merawat di atas supaya kaos kesayanganmu tetap awet.